Selasa, 16 November 2010

Terbunuh oleh waktu... (menunggu itu [sangat] menyakitkan)

Fase menjadi Notaris sungguh memilukan; setelah menyelesaikan pendidikan tentu melaksanakan apa yang disebut sebagai Magang Wajib Calon Notaris, setelahnya masih adalagi dimana Pemerintah menyebutnya sebagai SABH (dulunya SisMinBakum), dan lainya seperti Pelatihan Koperasi at Pasar Modal (dua terakhir ini tidak wajib sebagai syarat pengangkatan) meski tetap saja mengikis kewenangan Atributif seorang Notaris.

Belum lagi berbicara tentang umur dan kuota yang saling terkait... menunggu umur kuota telah penuh. Bahkan disinyalir banyak sekaLI penyimpangan berkenaan dengan penempatan (kuota penuh tapi pada kenyataannya masih ada saja Notaris baru yang dilantik). Dan ketika umur telah memasuki tahap yang diijinkanpun masih perlu ini dan itu (seperti Si SABH dan lain2) yang pelaksanaannya cuma janji yang tidak pernah terealisasi minimal nyaris dalam 2 tahun terakhir.

Prosesi untuk menjadi Notaris ini seperti parodi dan pemerintah begitu nikmatnya menjadi dalang dalam permainan nasib ini. Sebuah tanggung jawab yang dilalaikan oleh pengampu kewenangan yang dampaknya sungguh sistemik. Logika yang lebih realistis dibanding ketika Pemerintah berfikir bahwa penyelamatan Bank Century adalah karena faktor psikologis dari masa lalu dan efeknya yang berdampak sistemik.

Ini bukan bercerita tentang kesabaran atau berserah kepada Allah Tuhan Semesta Alam... ini tentang itikad baik dan political will dari pengampu negara. Ini tentang kepekaan rasa dan sensitifitas !!!

saya sendiri pernah berada pada posisi dimana rekan2 sekarang berada (rasakan) dan kondisi itupun masih kental dalam diri saya, gurat itu belum hilang, meskipun kini dapat dikatakan telah dapat keluar dari lingkaran itu. Namun demikian, tidak terkait secara langsung terhadap akar permasalahannya ataupun saya telah dapat mencari solusi dari problematika tersebut. Ini tentang jalan hidup yang ternyata Allah menetukan lain.

Apapun dan betapapun tetaplah berjuang dan tawakal ... tribute to NotariatUGM Brotherhood (Salin dari Facebook ditulis pada 3 Desember 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar